bagaimana cara melakukan penggantian pasir filter pada kolam renang

Pompa Waterco Supatuf 1.5 Hp

Pernakah anda bertanya-tanya bagaimana cara melakukan penggantian pasir filter pada kolam renang anda??? Salah satu syarat supaya kolam renang anda selalu dalam kondisi yang baik yakni anda dapat melakukan perawatan pada kolam renang anda secara berkala. Perawatan tersebut dilakukan agar tiap bagian dari kolam renang bisa bekerja dengan maksimal. Salah satu bagian kolam renang yang harus selalu anda cek dan dirawat yaitu filter.

Karena fungsi filter sangat penting sekali dalam penyaringan air di kolam renang anda, filter kolam renang anda sebaiknya harus tetap berada pada performa yang maksimal.  

Seperti yang kita ketahui, filter kolam renang biasa beroperasi sekitar 8 jam. Bahkan untuk kolam renang umum, filter bisa dinyalakan hingga 24 jam sehari, meskipun pada kolam renang umum rata-rata memakai dua filter yang digunakan secara bergantian. Semakin sering filter anda digunakan, maka akan semakin banyak pula kotoran yang bercampur dengan pasir. Dan ketika kotoran yang tercampur sudah sangat tebal, maka pasir didalam filter anda tidak akan mampu menyaring air kolam kembali. Inilah saat dimana anda perlu mengganti pasir pada filter kolam renang anda.

Lalu, sebelum mengganti pasir filter kolam renang, pasir seperti apa yang harus anda gunakan? Dalam filter kolam renang, pasir yang digunakan bukanlah pasir sembarangan. Akan tetapi, dalam penyaringan air, filter kolam renang menggunakan pasir khusus yang disebut pasir silika sebagai media penyaringan air.

Pasir silika merupakan salah satu mineral yang umum ditemukan di kerak kontinen bumi. Mineral ini memiliki struktur kristal heksagonal yang terbuat dari silika trigonal terkristalisasi (silikon dioksida, SiO2). Sedangkan utuk tingkat kekerasan, mineral ini terhitung dalam skala kekerasan Mohs 7.

Nah, dengan tingkat kekerasan yang tinggi inilah, pasir silika memiliki daya tahan yang lama hingga beberapa tahun, tergantung dengan intensitas penggunaan filter. Bahkan, jika pembersihan filter dilakukan secara rutin, pasir dapat bertahan hingga 3-4 tahun.  Dan setelah kurun waktu tersebut, anda harus mengganti pasir filter dikolam renang anda. Salah satu tanda jika anda sudah perlu mengganti pasir filter kolam renang adalah jika filter bekerja dalam kondisi normal, akan tetapi air tidak tersaring dengan sempurna dan air dikolam renang anda masih kotor. Jika hal tersebut terjadi, maka anda perlu bersiap untuk melakukan penggantian pasir filter pada kolam renang anda.

Sedangkan, untuk cara mengganti pasir filter kolam renang, anda bisa menggunakan cara yang mudah.  silakan tanyakan kepada kami grosir pompa kolam renang anda dapat menekan tombol whatsapp dibawah untuk terhubung dengan kami.

Berikut adalah bagaimana cara mengganti filter kolam renang menurut Grosir Pompa Kolam Renang

Silahkan Anda Pindahkan Pasir Yang Berada Di Dalam Tanki Filter

Bagaimana cara mengganti pasir filter kolam renang??? yang pertama yakni anda pindahkan pasir yang ada pada tanki filter. Guna memindahkan pasir tersebut, anda dapat melakukannya dengan memakai tangan ataupun sekop kecil. Tidak hanya itu saja, anda juga dapat memakai vacuum untuk memindahkan pasir yang berada dari dalam filter kolam renang anda.

Sebaiknya anda juga tidak melakukan kontak langsung antara tubuh anda dengan pasir kolam renang anda. Tujuannya yaitu untuk menghindari penyebaran kuman serta bakteri yang terdapat pada filter kolam renang anda.

Tambahkan Air Dalam Tanki

Sesudah memindahkan pasir, tambahkan air dalam tanki. Manfaat dari penambahan air ini yaitu untuk menyerap dampak dari jatuhnya pasir dalam alat perakitan. Dan untuk memilih pasir, ada beberapa poin yag sebaiknya anda perhatikan. Yakni, gunakan jenis pasir silika. Perlu anda ketahui juga jika ada 3 jenis pasir silika. Namun, yang menunjukkan hasil paling maksimal yaitu mesh 20. Untuk diameter pasir ini yaitu 40 sampai dengan 50 mm serta bisa menyaring kotoran yang ukurannya kecil di kolam renang anda.

 

Anda Harus Menentukan Takaran Pasir Yang akan Dimasukkan

Untuk cara mengganti pasir filter kolam renang proses selanjutnya, yakni anda harus menentukan takaran pasir yang akan dimasukkan pada filter anda. Ukuran filter sebaiknya juga harus anda ketahui. Pertimbangkan juga banyaknya takaran pasir yang harus anda masukkan pada filter anda.

Pemakaian pasir yang jumlahnya terlalu banyak bisa menjadikan tangki tidak berfungsi lagi. Jika terlalu sedikit pasirnya maka akan mengakibatkan hasil penyaringan dikolam renang anda tidak maksimal. Jika akan mengganti pasir filter kolam renang sebaiknya takarlah pasir yang sesuai dengan filter yang anda pakai.

Hindari Pasir Masuk Ke Sand Pipe

Anda juga dapat melihat apakah ada pasir yang masuk pada sand pipe. Supaya pasir tidak masuk ke sand pipe, pengisian pasir pada filter sebaiknya anda lakukan dengan sangat hati-hati. Caranya bisa anda lakukan dengan mengangkat sandpipe supaya tidak ada lagi pasir yang masuk.

Baru setelah itu, tempatkan kepala penyaring, lalu penyaring bisa anda tutup lagi. Jangan terlalu kencang menutupnya agar tidak pecah. Proses mengganti pasir filter kolam renang ini cukup mudah. Namun jika anda ragu-ragu untuk mengganti pasir filter dikolam renang anda sendiri silahkan anda dapat menggunakan jasa kami grosir pompa kolam kami sudah berpengalaman 20 tahun di bidang kolam renang.

Silahkan Anda Baca Juga Kapan Saat Yang Tepat Untuk Anda Mengganti Katrid atau Cartridge Filter Kolam Renang

Sekian,  penjelasan kami grosir pompa mengenai cara melakukan penggantian pasir filter pada kolam renang Jika anda ingin memakai jasa kami untuk mengganti pasir filter dikolam renang anda silahkan hubungi kami di nomer  081312344749  atau Telpon  02178837733

Kami selalu memberikan pelayanan terbaik dibidang kolam renang dan tidak pernah membuat klien kami kecewa. Silahkan anda juga dapat berkunjung ke kantor kami yang beralamatkan di Jl. Ampera Raya No.17G, Jakarta Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat WA