APA SAJA KEKURANGAN SERTA KELEBIHAN TIPE FILTER KOLAM RENANG MENURUT GROSIR POMPA KOLAM

kelebihan dan kekurangan filter pada kolam renang

Salah satu komponen yang sangat  penting dan merupakan pendukung utama kolam renang adalah filter kolam renang. Filter kolam renang merupakan sistem sirkulasi air yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang terdapat pada air kolam. Dengan adanya filter pada kolam renang anda, maka air di kolam renang anda akan selalu berada dalam kondisi yang bersih, jernih, dan terbebas dari segala macam kotoran.

Sebuah filter kolam pada renang yang baik juga akan didukung dengan kekuatan casing atau bungkus yang baik pula. Dan untuk mendapatkan itu semua, tentunya memerlukan biaya yang cukup besar dan mahal. Namun dibalik harga yang mahal filter kolam renang yang baik juga mempunyai performa yang sangat baik pula sebab bisa bekerja secara maksimal.

Memilih filter yang tepat untuk kolam renang sering kali merepotkan pemilik. Seperti kebanyakan klien kami dari grosir pompa juga kurang mengetahui tentang masing-masing filter apa saja  yang beredar di pasaran saat ini juga kelebihan dan kekurangan dari masing-masing filter tersebut. Memilih Filter yang tepat untuk kolam renang anda, artinya Filter yang nantinya anda pilih harus sesuai dengan kebutuhan kolam renang anda serta budget yang ada. Selain dari sisi harga dan kegunaan, memilih filter yang tepat juga perlu disesuaikan dengan frekuensi perawatan serta penggunaan untuk filter itu sendiri untuk kolam renang anda

kali ini kami dari tim grosir pompa akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis filter yang beredar di pasaran, tujuannya agar  anda semua yang mempunyai kolam renang atau akan membuat kolam renang dalam waktu dekat ini juga untuk mengedukasi pembaca kami supaya lebih memahami secara rinci dan dapat menemukan filter yang tepat untuk kolam renangnya. Termasuk Anda, pastikan Anda memilih filter yang tepat sesuai budget anda, waktu pemeliharaan, perawatan filter dan lainnya Jangan pernah sungkan untuk bertanya kepada tim kami, konsultasi gratis dan kami.

Jenis filter kolam renang mana yang benar-benar anda butuhkan untuk kolam renang anda?

Di pasaran saat ini, terdapat tiga jenis  filter kolam renang, dengan keunggulannya dan kekurangannya masing-masing. Berikut kami dari tim grosir pompa akan membahasnya untuk anda.

Sand Filter

Banyak pemilik kolam renang yang mempercayakan water treatment pada kolam renangnya dengan sand Filter ini. Harganya yang tergolong murah jika di bandingkan tipe lainnya menjadi alasan utama tipe sand filter jenis ini digemari. Selain itu, cara perawatannya pun termasuk cukup mudah.  Secara sederhana, sand filter jenis ini berkerja dengan cara menyaring air menggunakan pasir khusus. Air akan dialirkan ke pasir dengan memanfaatkan tekanan pompa, lalu air akan melewati pasir tersebut, dan partikel yang masuk ini akan melalui pasir.

Kotoran-kotoran akan mengalami kesulitan untuk melalui setumpuk pasir ini, sedangkan air akan tetap di teruskan dan kembali ke kolam renang anda dalam keadaan yang bersih.

Secara sederhana, untuk perawatan pasir ini sendiri dapat dibilang cukup mudah. Karena anda hanya perlu melakukan fasilitas backwashing yang sudah tersedia di tuas filter. Backwashing ini akan membalikkan posisi pasir yang awalnya berada di atas, dan terdapat banyak kotoran menjadi di bawah. Dengan tekanan air dari pompa, permukaan yang kotor ini akan di dorong keluar dari filter. Daya tahan atau keawetan sand filter jenis ini tak perlu diragukan lagi. Pasir sebagai media penyaring lebih awet dibanding tipe filter lainnya. Bisa dikatakan pasir hanya perlu anda ganti dengan yang baru setelah 5-7 tahun pemakaian. Tapi tetap, tergantung pada frekuensi penggunaanya juga, serta kondisi pasir itu sendiri. Namun, mengetahui daya tahannya yang lama, sehingga anda tidak perlu rutin mengecek kondisi keseluruhan pasir. yang perlu anda perhatikan hanyalah permukaan pasir pada saat proses perawatan mingguan. Jika permukaan sudah tampak kotor, segera anda lakukanlah backwashing.

(+) Kelebihan Sand Filter

Murah untuk di beli

Mudah dalam melakukan perawatan rutinnya

Efektif untuk membersihkan debu dengan ukuran sedang sampai ukuran yang besar.

Daya tahannya dapat diandalkan

Filter pasirnya mampu dipakai berulang-ulang

Efisien untuk menyaring partikel berukuran lebih dari 20 microns

(-) Kekurangannya

Perlu di lakukan backwashing secara rutin dan sering, agar dapat menjaga kondisi pasir dan efsiensi penyaringan.

Memerlukan tekanan yang lebih dari pompa karena tekanan air dari pompa akan mengalami hambatan dan penurunan tekanan saat melewati pasir.

Waktu penyaringan lebih lama dibandingkan dengan jenis filter yang lain.

Catridge Filter.

Prinsip kerja catridge filter ini mirip seperti filter untuk menyaring udara di mobil (air filter). Pada catridge filter untuk kolam renang, air kolam akan melewati saringan yang berbentuk silinder yang terbuat dari semacam ber.

Bukan hanya di kolam renang saja, catridge filer juga sering kali digunakan untuk menyaring air minum. Kualitas dari filter jenis ini bergantung pada kerapatan dan kedalaman sekat-sekat di katridnya. Idealnya catrid ini mampu menyaring partikel sampai berukuran 15 micro hingga 20 micro yang terkadung di dalam air. Sehingga dapat disimpulkan untuk hasil penyaringan, catrid lebih unggul dibanding sand filter. Untuk lebih lengkap tentang kelebihan dan kekurangan dari catridge filter ini, berikut adlaah poin-poinnya.

(+) Kelebihan Catridge Filter

Lebih efsien dalam menyaring partikel dibanding sand filter.

Harga cukup bersaing. Lebih murah dibanding DE filter.

Memerlukan space atau ruang yang lebih kecil dibanding dengan sand filter.

Dapat bertahan sekitar 2 sampai dengan 3 tahun.

(-) Kekurangan Catridge Filter

Penggunaan  pompa yang over power dapat mendorong partikel besar untuk melewati filter dan merusak sekat-sekat ber dicatridge.

Disarankan untuk pemilihan catridge filter tenaga pompa yang digunakan berkisar 0,75 HP s/d 1 HP.

Untuk perawatan pada filter kolam renang anda, Anda perlu membuka dan membersihkan  filter di luar tabung filter.

DE (Diatomeceous Earth) Filter

Berasal dari fosil yang sering dikenal dengan sebutan diatom menjadi material utama dari filter DE ini. Bahan diatom tadi di giling hingga menjadi bubuk, dan hasil gilingan inilah yang kita sebut D.E. Bubuk ini akan ditaruh di filter yang dilapisi oleh “grid”. karakteristik bubuk D.E yang lebih halus dari pada pasir ini mampu menyaring partikel-partikel kecil.

Proses backwashing juga dimilikioleh filter jenis ini, prinsip kerjanya sama seperti Sand fillter. Filter DE ini mampu dan efsien untuk menyaring partikel berukuran 4 microns. Sehingga filter yang satu ini dapat menjamin hasil saringan yang lebih bersih dibanding jenis lainnya.

(+) Kelebihan DE Filter

Mampu menyaring partikel sangat kecil sampai dengan ukuran berkisar 5 microns didalam kolam renang.

(-) Kekurangan DE Filter

Jenis filter yang cukup mahal.

proses backwashing perlu dilakukan lebih rutin dibanding sand filter.

Bubuk DE masih belum umum beredar di pasar / market Indonesia.

Demikian hasil rangkuman Grosir Pompa  tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing filter pada kolam renang. Silahkan anda pilih filter kolam renang yang cocok dan sesuai dengan budget dan kolam renang anda.

Jika anda saat ini sedang mencari jasa perawatan kolam renang / jasa maintenance kolam renang atau anda sedang mencari kontraktor kolam renang. kami merupakan kontraktor terbaik dan berpengalaman lebih dari 17 tahun atau saat ini anda tertarik ingin membeli aksesoris atau produk perawatan untuk kolam renang seperti filter kolam renang  silahkan anda dapat menghubungi kami melalui nomer  

   081312344749  atau Telpon  02178837733

Kami selalu memberikan pelayanan terbaik dibidang kolam renang dan tidak pernah membuat klien kami kecewa. Silahkan anda juga dapat berkunjung ke kantor kami yang beralamatkan di Jl. Ampera Raya No.17G, Jakarta Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat WA